Pengelompokan Tumbuhan

02 March 2013

Pengelompokan tumbuhan dapat digolongkan berdasarkan bentuk tulang daunnya, tempat hidupnya, bentuk akarnya, jenis batangnya, dan jenis bunganya. Berdasarkan bentuk tulang daunnya, tumbuhan dibagi menjadi empat kelompok. Pertama tulang daun menyirip, misalnya daun durian, dan daun jambu. Kedua adalah tulang daun melengkung seperti daun waru dan daun sirih. Ketiga bentuk tulang daun menjari seperti daun kapas dan singkong. Keempat tulang daun sejajar misalnya daun padi dan daun pandan.


Berdarkan tempat hidupnya tumbuhan dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu pertama tumbuhan yang hidup di darat, contohnya pisang, mangga, melati dan sebagainya. Kedua tumbuhan yang hidup diair, misalnya enceng gondok dan teratai. Ketiga adalah tumbuhan yang menempel pada tumbuhan lain, misalnya paku, anggrek, dan lumut.

Berdasarkan bentuk akarnya, tumbuhan digolongkan menjadi dua kelompok yaitu berakar tunggang dan serabut. Contoh tumbuhan yang berakar tunggang adalah bayam, mangga dan sebagainya. Contoh tanaman yang berakar serabut yaitu bambu, tebu dan jagung.

Berdasarkan jenis batangnya  tumbuhan dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu pertama tumbuhan yang berbatang basah. Contohnya tanaman bayam, dan ketela rambat. Yang kedua berbatang kayu yaitu yang batangnya keras dan berkayu. Misalnya pohon jati, dan pohon jambu dan lainnya. Yang ketiga berbatang rumput yaitu batangnya mempunyai ruas-ruas yang jelas dan berongga, misalnya batang padi dan jagung.

Berdasarkan jenis bunganya, tumbuhan dibagi menjadi dua kelompok. Pertama kelompok tumbuhan bunga sempurna, yaitu alat kelamin jantan (benang sari) dan alat kelamin betina (putik) terdapat bersama-sama dalam satu bunga, misalnya bunga mawar, sepatu, dan jambu. Kedua adalah bunga tidak sempurna, misalnya alat kelamin jantan dan alat kelamin betina letaknya terpisah (tidak terdapat dalam satu bunga), contohnya bunga salak dan jagung
 

Most Reading

Archives

Google+ Followers

Total Pageviews